Error Kode Pada Kamera Canon DSLR

Err 01

Kode ini menunjukkan adanya masalah koneksi antara kamera dengan lensanya.


Solusi : lepaskan lensa dari kamera. Kemudian bersihkan penghubung (berupa titik-titik logam penghubung pada kamera dan lensa) dengan kain yang kering dan bersih.


Err 02

Kode error ini menunjukkan bahwa kamera tidak bisa mengakses memory card. Dengan begitu, ia tidak bisa menyimpan hasil jepretan ke dalam penyimpanan.


Solusi : Lepaskan memory card dari slotnya dan kemudian coba kembalikan ke tempatnya.

Kalau ternyata masih tidak bisa, coba format ulang memory card sesuai dengan yang disarankan oleh buku manual.

Kalau tetap masih tidak bisa, ganti memory cardnya


Err 03

Kode ini menunjukkan terlalu banyak folder di dalam memory card.


Solusi : Format ulang memory card sesuai petunjuk. 

Ganti memory card


Err 04

Kode error Canon DSLR ini menunjukkan memory card penuh dan kamera tidak bisa menyimpan foto di dalamnya


Solusi : Hapus foto-foto yang tidak diperlukan

Pindahkan foto-foto lama ke komputer

Ganti dengan memory card cadangan kalau ada


Err 05

Built-in flash atau lampu kilat bawaan kamera tidak bisa terangkat atau hanya terangkat setengah saja.


Solusi : Posisikan kembali flash ke tempatnya kemudian tekan tombol flash agar terangkat

kalau masih tidak bisa, kembalikan flash pada posisi tertutup dan kemudian matikan kamera lalu nyalakan lagi

kalau masih tidak bisa, bawa ke service center


Err 06

Kode error Canon DSLR yang satu ini berkaitan dengan pembersihan secara otomatis sensor kamera. Kalau tanda ini muncul pertanda bahwa ada gangguan saat kamera mencoba membersihkan sensornya. Hal itu bisa saja berarti pembersihan sama sekali tidak berjalan atau berjalan tetapi tidak selesai.


Solusi : Matikan kamera dan kemudian hidupkan lagi


Err 09

Kode error semacam ini biasa terjadi ketika karena terburu-buru kita memberikan berbagai perintah hampir secara serentak, seperti memencet beberapa tombol secara bersamaan. Akibatnya, memory kamera terlalu penuh dan pada akhirnya justru tidak bisa memproses apapun. Situasinya mirip dengan “hang” pada komputer atau gadget yang lain (jangan lupa bahwa kamera digital adalah komputer mini)


Solusi : matikan kamera. Keluarkan baterai. Kemudian masukkan kembali dan nyalakan kamera ulang. Mirip dengan reboot pada komputer.


Err 10

Kerusakan pada file di dalam memory card.


Solusi : Lakukan reboot pada kamera dengan mematikan dan kemudian mengeluarkan baterai dari slotnya. lalu masukkan kembali dan nyalakan kamera

Kalau masih tidak bisa lakukan tindakan seperti pada err 02


Err 20

Kalau kode err 20 yang keluar, pertanda situasinya gawat. Karena, masalah yang terjadi kalau pesan error ini keluar berkaitan dengan mekanisme operasi kamera. Tidak ada penjelasan secara pasti di bagian mana yang bermasalah. Bisa jadi mirror yang tidak kembali pada posisi semula atau yang lainnya.


Solusi : coba matikan dan nyalakan lagi kamera. Lakukan reboot. Kalau masih tidak bisa, berarti harus ditangani oleh ahlinya, alias harus dibawa ke service center.


Err 22

Permasalahan pada memory card yang menyebabkan foto tidak bisa disimpan ke dalamnya. Hal ini mungkin karena pemasangan kartu yang kurang tepat, salah atau bisa juga karena drivernya yang bermasalah.


Solusi : lakukan reboot, matikan dan nyalakan sebagai langkah awal. Kalau belum bisa, coba periksa posisi kartu, sudah tepat atau belum. Jika terpaksa format ulang memory card dengan komputer atau kamera lain.


Err 30

Masalah terjadi pada shutter. Bisa terjadi karena unsur mekanis dimana shutter tidak bisa ditekan atau beroperasi, atau bisa juga bagian elektroniknya yang bermasalah.


Solusi : lakukan reboot, matikan dan nyalakan. Kemudian, coba langkah-langkah yang sama dengan err 20, termasuk kalau belum bisa berfungsi kembali, bawa ke pusat servis.


Err 40

Kode error kamera Canon DSLR yang ini menandakan ada masalahd engan sumber daya, baterainya. Bisa disebabkan karena baterai yang sudah melemah, tetapi bisa juga karena sistem elektronik yang menjadi masalah sehingga daya tidak tersalurkan dengan benar.


Solusi : coba charge baterai dan pasang kembali. Kalau belum bisa juga ganti baterai. Langkah terakhir kalau pesan yang sama masih muncul, bawa ke tempat servis karena berarti ada masalah dengan sistem elektronisnya.


Err 50

Kode error kamera Canon yang satu ini menunjukkan ada masalah dalam kontrol elektronisnya. Tidak ada petunjuk tepat dimana kerusakannya hanya sinyal seperti ini menandakan bahwa sistem elktronis tidak berjalan.


Solusi : Reboot sebagai langkah awal. Kalau masih belum bisa, bawa ke pusat servis.


Err 60

Termasuk masalah serius kalau pesan kesalahan yang satu ini keluar. Pesan ini menandakan kamera tidak bisa mengambil gambar. Pergerakan lensa terganggu.


Solusi : matikan kamera. Lepas lensa dari kamera dan kemudian coba bersihkan. Kemudian, pasang kembali lensa dan nyalakan kamera.


Err 70

Kode error ini menandakan ada kerusakan gambar. Kamera tidak bisa mengambil atau menyimpan data dari kartu memory. Masalah bisa ada pada kartu memorinya atau bagian lain kamera.


Solusi : coba lepas kartu memory dan pasang ulang. Selanjutnya lakukan reboot, matikan dan nyalakan.


Err 80

Terjadi kesalahan kontrol elektronik atau kerusakan gambar atau pada shutter. Biasanya error ini muncul ketika:

Ketika mendeteksi shutter kamera belum sepenuhnya siap untuk menembak

Ketika mendeteksi proses urutan rana belum selesai sepenuhnya (mis: slow speed/bulb)

Ketika lampu flash bodi (Built-in) flash tidak dapat diisi ulang setelah preflash E-TTL.


Solusi : Hidupkan ulang kamera dengan menekan switch on off atau pasang ulang baterai


Err 81

Masalah pada Mirror


Kode error ini biasanya terjadi dalam kondisi : Ketika shutter kamera ditekan setengah kemudian posisi bawah mirror tidak dapat diverivikasi oleh sistem kamera, ketika posisi mirror berada diatas/bawah kemudian tidak terdeteksi oleh shutter release.


Solusi : Pada tahap awal coba lakukan buka pasang baterai, jika tidak terselesaikan bawa ke tempat servis kamera


Err 82

Kode ini muncul ketika flash bodi (built-in) tidak dapat diiisi. Biasanya setelah dipakai flash memerlukan waktu beberapa detik untuk pengisian ulang daya. Tetapi, dalam hal ini pengisian tidak berjalan baik.


Solusi :  Hidupkan ulang kamera dengan menekan switch on off atau pasang ulang baterai


Err 83

Flash Pop Up

Kode error Dslr Canon ini muncul ketika terjadi kesalahan pop-up flash bodi (built-in) kamera tidak terdeteksi bahkan setelah operasi pop-up telah diulang tiga kali.


Solusi : Hidupkan ulang kamera dengan menekan switch on off atau pasang ulang baterai


Err 84

Kode error ini muncul ketika komunikasi elektronik antara bodi dan lensa kamera tidak dapat dilakukan, bisa ketika kamera dihidupkan atau ketika tombol shutter ditekan.


Solusi : Coba bersihkan kontak elektronik (berwarna emas/kuningan) pada mounting kamera dan lensa dengan menggunakan kain lembut atau bisa juga dengan penghapus pensil sembari memeriksa jika terjadi kerusakan atau hal-hal yang tidak wajar pada bagian tersebut. Pada tahap selanjutnya coba ganti dengan lensa lainnya, jika tetap tidak menyelesaikan masalah bawalah ketempat service kamera yang berpengalaman.


Err 99

Terjadi kerusakan sistem atau sistem malfunction


Solusi : Perlu penanganan serius dan tangan yang ahli, alias bawa ketempat servis kamera.


Err Baterai :

Ditandai dengan gambar baterai mengedip pada layar atas

Kasus ini ditemui pada seri Canon EOS 60d dan Eos 7D, setelah dibawa ketempat servis ternya terjadi gangguan/kerusakan pada sektor power di mainboard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Checkout Form Email
Data Anda
Data Lainnya
KIRIM